BudayaHalo Surabaya

Pembangunan Basement Balai Pemuda Makan Badan Jalan

SURABAYA – HKNews.info : Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal merampungkan pengerjaan proyek perluasan pembangunan basement baru di komplek Balai Pemuda Surabaya. Untuk mendukung kelancaran pembangunan tersebut, diperlukan pelebaran pagar proyek pengerjaan basement Balai Pemuda. Pelebaran pagar itu, akan di mulai dari komplek Balai Pemuda Jalan Gubernur Suryo (sisi kiri), hingga jalur mobil (sisi kiri) sebelum Balai Budaya.

Akibatnya, sementara waktu akan dilakukan penyempitan dan pergeseran sirkulasi badan jalan di tikungan jalan Gubernur Suryo dan jalan Yos Sudarso hingga akhir Desember 2018. Untuk itu warga diimbau agar berhati-hati saat melewati ruas jalan tersebut.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Iman Krestian mengatakan tahap pengerjaan kali ini, akan sedikit memakan badan jalan. Sehingga jalan di tikungan Taman Air Mancur yang sebelumnya 10 meter akan dipersempit menjadi 8,5 meter. Pergeseran sirkulasi badan jalan itu, akan dimulai malam ini, pukul 10.00 WIB, (24/08/18). “Ini akan kita evaluasi lebih lanjut terkait kelancaran arus lalu lintasnya,” kata Iman, Jum’at, (24/08/18).

Iman mengungkapkan, basement baru tersebut, nantinya akan saling terhubung dengan basement lama. Luas basement baru yang mencapai 1000 meter persegi, rencananya terbagi menjadi dua lahan. “600 meter persegi untuk lahan basement baru, dan 400 meter persegi untuk jalur penghubung antara basement lama dan baru,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ia mengaku telah melakukan simulasi arus lalu lintas (lalin) untuk mengetahui dampak dari penyempitan badan jalan tersebut. Jalur yang sebelumnya bisa dilalui dua mobil dan satu motor, namun setelah dilakukan penyempitan badan jalan, jalur akan mengurangi satu lajur motor.

“Sudah kami simulasikan dengan Dishub (Dinas Perhubungan), dan tidak terlalu terdampak. Hanya mengurangi satu lajur motor,” jelasnya.

Dengan adanya penyempitan dan pergeseran sirkulasi badan jalan ini, Iman berharap agar masyarakat Surabaya bisa memahami proses pembangunan basement baru yang sedang dilakukan oleh Pemkot Surabaya. Dengan rampungnya pengerjaan basement baru, maka kapasitas parkir bawah tanah di kompleks Balai Pemuda kian bertambah dan akan memangkas parkir tepi badan jalan.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Namun kita juga upayakan agar arus lalin di kawasan tersebut tidak terlalu terdampak,” pungkasnya. (yok)

Related Articles

Back to top button