Heboh Oknum PNS Bobol Gaji Ratusan Anggota Polrestabes Surabaya.

AKBP-Takdir-MattanetteHKNews.info – Surabaya : Ratusan anggota Polrestabes Surabaya dilanda resah dan gelisah setelah merasa uang gaji mereka ‘dikebiri’. Kredit yang dibayarkan melalui pemotongan gaji mereka ternyata sudah melebihi batas pinjaman. Tidak hanya itu, uang remunerasi mereka selama setahun juga lenyap.

Tudingan pun mengarah kepada TS, oknum PNS Polisi yang selama ini berperan sebagai Juru Bayar Polrestabes Surabaya. Tak berbelit – belit, wanita yang berpenampilan sederhana ini pun ditangkap Satuan Petugas Reskrim Polrestabes Surabaya, pada Jumat (7/8), dan ditahan.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Takdir Mattanette, mengatakan dari 135 anggota yang menjadi korban, baru delapan orang yang melapor. Selama 10 tahun, pelaku telah meraup keuntungan Rp 3 miliar sampai Rp 4 miliar dari kejahatan ini. Ada tiga modus yang dilakukan pelaku dalam melakukan aksinya. Selain membuka simpan pinjam fiktif, Titin mengajukan kredit fiktif atas nama korban dan memalsukan tanda tangan korban. Kasus ini terbongkar setelah korban, merasa potongan kredit sudah melebihi batas waktu pinjaman.

“Jadi membuat fiktif data-data,” kata AKBP Takdir Mattanette. Jelasnya, juru bayar ini ditangkap berdasar laporan polisi nomor LP/1137/B/VIII/2015/SPKT/Jatim/Restabes Sbya tertanggal 6 Agustus 2015 dengan dugaan memalsukan surat dan penggelapan dalam jabatan.

Tersangka telah memalsukan tandatangan para korban untuk mengajukan pinjaman di koperasi simpan pinjam Polrestabes Surabaya. Setelah uang itu cair, Juru Bayar ini tidak memberikan uangnya kepada korban dan malah menggunakannya untuk kepentingan pribadi.

Para korban yang menanyakan ‘kelancangan’ sikap TS itu, dijawab bahwa uang itu digunakan untuk investasi dengan iming-iming keuntungan 2,5 persen. “Penyidik sudah menyita formulir pengajuan pinjaman koperasi dan bank sebagai barang bukti. Tadi dia sudah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka,” tambah Kanit Resmob Polrestabes Surabaya, AKP Agung Pribadi. (Yok/Her)

Foto : Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Takdir Mattanette.

Related posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *